Tentang CHI UX Indonesia

INDONESIA ACM SIGCHI CHAPTER

  • Chapter Group ID: 120750
  • Alias: CHI UX Indonesia
  • Pendirian: 19 May 2014

VISI

Menjadi sebuah komunitas terkemuka dan katalisator di Indonesia untuk pengadaan, pengembangan, kerjasama dan konstruksi ilmu pengetahuan dan penerapan terbaik dalam bidang interaksi antara manusia dengan teknologi digital atau teknologi berbasis komputer (HCI).

MISI

  • Menyediakan sistem dan sarana kerjasama yang kuat dan saling mengisi antara profesional, akademisi, dan industri.
  • Meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan minat profesional, akademisi, dan industri.
  • Menyediakan forum komunikasi dinamis antara profesional, akademisi, dan industri untuk segala aspek IMK, dari segi analisa, desain, evaluasi dan implementasi.
  • Menyediakan sistem dan sarana publikasi berkualitas tinggi bagi para peneliti dan praktisi.
  • Menyediakan fasilitas mentoring dan pelatihan berkualitas tinggi bagi para akademisi, profesional, dan industri untuk pengembangan sumber daya manusia yang dibutuhkan.
  • Menyediakan fasilitas pustaka online yang memadai dan berkualitas tinggi untuk dimanfaatkan pada penelitian dan pengembangan.

SEKAPUR SIRIH

Eunice Sari

Eunice Sari

HCI mencakup segala aspek multidisiplin dari interaksi pengguna atau konsumen dengan layanan dan produk teknologi digital, termasuk User Experience (UX) atau Customer Experience (CX). Bidang yang terkait, antara lain: psikologi, pendidikan, sains, teknologi, desain, manajemen, ekonomi, komunikasi, sosial dan budaya.

Sekitar 15 tahun yang lalu ketika Pak Adi dan saya memulai bisnis dan penelitian di bidang HCI/UX/CX di Indonesia, kami merasakan betapa beratnya memperkenalkan sebuah konsep baru yang masih dianggap cukup asing bagi kebanyakan penyedia layanan, pengembang dan pengguna teknologi di negeri tercinta ini. Konsepnya sendiri sudah mulai diperkenalkan sejak awal tahun 1990-an di akademia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial di Indonesia, konsep HCI/UX/CX ini menjadi semakin populer. Beberapa tahun terakhir, saya mengamati bahwa titel UX Designer dan lowongan pekerjaan yang bersangkutan sudah mulai menjamur di banyak perusahaan media digital dan teknologi di Indonesia. Baca selanjutnya …

PENGURUS INDONESIA ACM SIGCHI CHAPTER

General Chair: Josh (Adi Tedjasaputra)   Vice Chair: Yohannes Kurniawan Treasurer: Ellya Zulaikha General Chair Mentor and Advisor: Eunice Sari
 

Aceh

Bali

Banten

Depok

Jakarta

Jawa Timur

Yogyakarta