The ICEEE 2015 and the DDDMBD 2015


Dalam rangka menjalankan salah satu misi dari program studi Informatika, yaitu melakukan kegiatan kerja sama dengan institusi lain, maka program studi Informatika mengadakan kegiatan “The Fourth International Conference on E-Learning and E-Technologies in Education (ICEEE2015) and The International Conference on Database, Data Warehouse, Data Mining and Big Data (DDDMBD2015)”. Program studi Informatika bekerja sama dengan The Society of Digital Information and Wireless Communications (SDIWC) untuk mengadakan konferensi ini. Konferensi ini diadakan dengan harapan supaya para peneliti di bidang e-learning, e-technologies, database, data warehouse, data mining, dan big data dapat mendapatkan peluang untuk menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal internasional yang bereputasi baik.

Kegiatan ICEEE & DDDMBD 2015 ini diadakan selama 2 hari dari Kamis, 10 September 2015, hingga Jumat, 11 September 2015. Hari pertama dari kegiatan berisikan presentasi dari tamu undangan beserta para peneliti yang didilaksanakan di Auditorium Universitas Surya. Sedangkan pada hari kedua diadakan kegiatan tour ke Kota Tua dan Monumen Nasional di Jakarta.

Acara hari pertama (Kamis, 10 September 2015) dimulai dengan registrasi untuk mahasiswa program studi Informatika pada pukul 07:30 WIB. Sedangkan registrasi untuk para tamu undangan dan pembicara dilaksanakan pada pukul 08:00 WIB. Kemudian acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 08:20 WIB. Acara akhirnya resmi dimulai dengan kata sambutan dari Faizah Sari, Ph.D. selaku Wakil Rektor V Bidang Penelitian dan Kerjasama Universitas Surya dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Spits Warnars Harco Leslie Hendric, Ph.D. sebagai Ketua Umum Pelaksana Kegiatan ICEEE & DDDMBD 2015.

Sebelum sesi presentasi paper dari masing-masing peserta konferensi dimulai, terdapat presentasi oleh keynote speakers dari SDIWC. Presentasi pertama pada pukul 08:40 WIB dibawakan oleh Eunice Sari, Ph.D. dengan topik “Mobile Flipped Learning for Developing Countries”. Di akhir presentasi, terdapat sesi tanya jawab dan dapat dilihat bahwa para peserta begitu antusias untuk menanyakan pertanyaan. Setelah itu, diadakan istirahat sejenak. Peserta dapat mengambil makanan ringan beserta teh dan kopi dalam rentang waktu istirahat ini. Setelah 10 menit istirahat, presentasi kedua dimulai pada pukul 09:50 WIB. Pembicara kedua adalah Prof. Eyas El-Qawasmeh, Ph.D. dengan topik “Data and Security”.

Setelah presentasi kedua selesai dilakukan, acara selanjutnya dipisah menjadi dua lokasi, yaitu Auditorium dan Ruang Kelas 101A. Para peserta kemudian dibagi sesuai dengan topik yang diikuti, topik e-learning di Auditorium dan topik database di Ruang Kelas 101A. Sesi pertama presentasi paper kemudian dimulai tepat pada pukul 11:00 WIB. Pada sesi pertama, pembicara di ruang Auditorium adalah Kimberley Tuapawa (New Zealand) dan Rafal Grzybowski (Poland). Sedangkan pembicara di Ruang Kelas 101A adalah Spits Warnars Harco Leslie Hendric (Indonesia) dan Te Yuan Lin (Taiwan). Setiap pembicara memiliki waktu selama 20 menit.

Setelah semua presentasi pada sesi pertama selesai, acara dilanjutkan dengan istirahat makan siang. Para tamu undangan dan pembicara menuju ke Ruang Techno Longue untuk menikmati hidangan makan siang yang sudah disiapkan oleh panitia. Sedangkan para mahasiswa program studi Informatika kembali berkumpul di ruang Auditorium untuk menerima makan siang yang juga disiapkan oleh panitia. Istirahat makan siang berlanjut sampai pukul 13:10 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua presentasi paper. Untuk sesi kedua, presentasi dari kedua topik sama-sama dilakukan di Auditorium. Para pembicara untuk sesi kedua adalah Paolo Terenziani (Italy), Faycal Bensaali (Qatar), Hendrati Nastiti (Australia), dan Aisyah Larasati (Indonesia). Kemudian setelah semua presentasi selesai, diadakan lagi istirahat sejenak. Para peserta dapat kembali menikmati makanan ringan beserta kopi dan teh. Para peserta juga memanfaatkan kesempatan ini untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran. Para mahasiswa program studi Informatika juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya kepada para ahli dan peneliti handal mengenai topik e-learning dan database ini.

Setelah istirahat, sesi ketiga presentasi paper dimulai pada pukul 15:10 WIB. Pembicara untuk sesi ketiga adalah Volkan Cicek (Turkey) dan Masami Yoshida (Japan). Sesi ketiga ini menjadi presentasi terakhir dari rangkaian acara konferensi ICEEE & DDDMBD 2015 ini.

Setelah semua presentasi selesai dilakukan, kata penutup diberikan oleh Spits Warnars Harco Leslie Hendric, Ph.D. selaku Ketua Umum Pelaksana Kegiatan ICEEE & DDDMBD. Setelah kata penutup, terdapat juga pemberian souvenir dari pihak panitia kepada keynote speakers dari SDIWC, yaitu Eunice Sari, Ph.D. dan Prof. Eyas El-Qawasmeh, Ph.D. yang diserahkan secara langsung oleh Spits Warnars Harco Leslie Hendric, Ph.D. Setelah itu, terdapat penampilan dari Tim Paduan Suara Universitas Surya. Untuk menutup seluruh rangkaian acara pada hari pertama, diadakan sesi foto bersama dengan para tamu undangan dan pembicara ICEEE & DDDMBD 2015 beserta para peserta konferesi.

Acara hari kedua (Jumat, 11 September 2015) dimulai dengan para peserta berkumpul pada pukul 10:30 WIB di Auditorium Universitas Surya. Kemudian para peserta bersama dengan Spits Warnars Harco Leslie Hendric, Ph.D. sebagai panitia berangkat ke Kota Tua Jakarta. Di Kota Tua, para peserta mengunjungi Museum Fatahillah. Kegiatan makan siang juga dilakukan bersama di Kota Tua Jakarta. Setelah itu, para peserta mengunjungi Monumen Nasional. Setelah puas mengunjungi Monumen Nasional, kegiatan tour akhirnya selesai pada pukul 16:00 WIB.

Leave a comment