Laporan Pelaksanaan Workshop Social IoT ICCI 2015

Internet of Things adalah sebuah gagasan untuk menghubungkan semua objek, (termasuk obyek sehari-hari seperti pot yoghurt, sepatu dan hidran pemadam kebakaran) dengan internet. Obyek-obyek tersebut diharapkan dapat berbagi data maupun aplikasi. Kemungkinan terhubungnya semua obyek sehari-hari dengan internet telah kerap dibahas, terutama dihubungkan dengan efisiensi usaha dalam manajemen rantai pasok (supply chain management) maupun dalam upaya otomatisasi rumah. Namun, kemungkinan bahwa keterhubungan semua obyek melalui internet (Internet of Things/IoT) ini sesungguhnya telah membuka kesempatan penelitian mengenai berbagai jenis interface maupun interaksi yang baru.

Hingga kini tidak banyak penelitian yang secara detil membahas mengenai bagaimana orang dapat berinteraksi dan saling berhubungan. Selanjutnya, bagaimana orang-orang tersebut dapat terhubung dapat terhubung ketika ada kemungkinan aktivasi jaringan internet pada benda-benda tersebut. Bagaimana supaya suatu objek dapat dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu manusia berhubungan, sehingga obyek tersebut dapat membantu manusia mengungkapkan perasaannya, menginspirasi, bahkan memperkuat kapasitas seseorang? Alat-alat tersebut bisa jadi terhubung karena kegiatan pemantauan lingkungan, berbagi informasi tentang kesehatan, konsumsi sumber daya, atau hal- hal lain yang menyebabkan terjadi interaksi sosial.

Workshop ini dapat dihadiri oleh peneliti, akademisi atau praktisi industri dari bidang desain, ICT dan ilmu-ilmu sosial untuk merancang Internet of Things yang difokuskan pada studi kasus di Indonesia atau Asia.

Tempat Pelaksanaan:
Bali Creative Industry Center Animation and Promotion Building
2nd Floor Meeting Room
Jl. WR. Supratman 302,
Tohpati, Denpasar
Bali

Instruktur:

  • Prof. Margot Brereton (Queensland University of Technology)*
  • Alessandro Soro, Ph.D  (Queensland University of Technology)

*Prof. Margot berhalangan hadir karena kendala penerbangan dari Australia ke Bali.

Artikel selengkapnya dapat diunduh di sini

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedIn

Submit a Comment