UX Boot Camp 2014 – Depok


Oleh Harry B. Santoso

Pada tanggal 12 Oktober 2014, Indonesia ACM SIGCHI Chapter Cabang Depok telah menyelenggarakan Boot Camp 2014 yang bertema “User Experience: Design, Tool, and Measurement” bertempat di Laboratorium Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Acara tersebut menghadirkan para pembicara antara lain, Derry Novadatu Syaharutsa, S.Kom, Harry B. Santoso, PhD, dan Lia Sadita, M.Eng. Acara Boot Camp sendiri dibuka oleh Harry B. Santoso sebagai Representatif Indonesia ACM SIGCHI Chapter Cabang Depok yang sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Beliau menyampaikan terima kasih atas partisipasi segenap peserta serta memaparkan visi dan misi Indonesia ACM SIGCHI Chapter Cabang Depok. Harry juga berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti rangkaian acara yang akan dilaksanakan di bulan-bulan mendatang.

Derry Novadatu.

Derry Novadatu.

Pada sesi pertama, Derry Novadatu yang memiliki latar belakang Ilmu Komputer serta disain memberikan presentasi tentang “The Role of Design” secara gamblang. Derry terlihat antusias menyampaikan beberapa prinsip serta contoh aspek disain yang dapat diterapkan dalam konteks User Experience. Pada sesi ini Derry meminta peserta untuk membuat sketsa dan mempresentasikannya kepada peserta lain. Peserta cukup puas dengan sketsa yang mereka buat.

Wireframing.

Wireframing.

Sesi kedua, “Hands-on Experience using Balsamiq Mockups,” disampaikan oleh Harry B. Santoso menggunakan tool Balsamiq.Harry dalam presentasinya sangat menekankan pemahaman proses disain interaksi serta alasan mengapa kita memerlukan wireframing tool. Harry berpendapat pemahaman inilah yang sebenarnya lebih penting dibandingkan dengan bagaimana cara menggunakan. Sebagaimana diketahui bersama, Balsamiq Mockups merupakan salah satu tool terkemuka yang cukup mudah digunakan.

Sesi terakhir merupakan sesi yang tidak kalah serunya karena membahas masalah pengukuran (measurement) dalam User Experience. Pembicara memaparkan sekilas metodologi penelitian dalam User Experience/Human-Computer Interaction, sebelum akhirnya mengupas pemanfaatan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mengevaluasi learning management system.

Setelah berlangsung selama beberapa jam, acara Boot Camp akhirnya ditutup menjelang pukul 16:00 WIB. Panitia meminta para peserta untuk mengisi Online Evaluation Form sebagai bahan evaluasi penyelenggaraan acara. Boot Camp diakhiri dengan sesi bersalaman dengan para peserta.

Leave a comment